Menu

Friday 30 October 2015

Cara Install Delphi 7 di Windows 7

Sebenarnya tips cara installasi Delphi 7 pada OS generasi Windows setelah Windows XP telah banyak bertebaran artikel2nya di dunia maya. Terutama ditulis oleh para Blogger Mania yang setiap langkah2nya juga bervariasi tapi tetap pada satu tujuan. Terus untuk apa artikel ini dibuat??? eyahh.. intinya sebagai pelengkap saja, kalau2 Anda yang sedang mencari artikel terkait, gak sengaja berkunjung ke sini..

Saya sendiri mempraktekannya hanya di Windows 7 saja (soalnya gak begitu srek pake vista nanggung). Walaupun demikian, berdasarkan info yang saya dapat, instalasi Delphi 7 di Windows Vista caranya tetap sama seperti pada Windows 7. Intinya hanya ada proteksi akses agar program yang digunakan benar2 Compatible dengan OS-nya.  

Proses instalasi Delphi 7 pada Windows Vista dan Windows 7 memang agak berbeda. Tidak seperti pada Windows XP yang setelah proses instalasi, Delphi-nya langsung bisa di-launch. Namun, kali ini setelah proses instalasi, saat Anda akan menjalankan Delphi 7 misalnya di Windows 7, biasanya akan muncul pesan error : Unable to rename 'C:\Program Files\Borland\Delphi7\Bin\delphi32.$$$' to 'C:\Program Files\Borland\Delphi7\Bin\delphi32.dro', atau kalo diterjemahin jadi :Tidak dapat mengganti nama 'C: \ Program Files \ Borland \ Delphi7 \ Bin \ delphi32.$$$' menjadi 'C: \ Program Files \ Borland \ Delphi7 \ Bin \ delphi32.dro'. Pesan tersebut tampil seperti pada gambar berikut ini.



Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pesan di atas muncul disebabkan Windows 7 memiliki proteksi yang memastikan bahwa software yang Anda install benar-benar kompatibel. Ok.. tanpa banyak basa-basi lagi kita langsung ke TKP.

Pertama siapkan terlebih dahulu software Borland Delphi 7 Enterprise yang akan di-install. Jika belum memilikinya, Anda bisa men-download-nya di link berikut : Download Borland Delphi 7.0 Enterprise.

Buka direktori dimana Anda menyimpan file instalasi Delphi 7. Selanjutnya jalankan file Install.exe, kemudian pada jendela Delphi 7 Enterprise Suite Setup Launcher pilih Delphi 7.







Selanjutnya seperti biasa tinggal klik Next2 saja, dan masukan salah satu dari S*r*a*l-N*m*er pada link ini.


Kemudian ikuti langkah demi langkahnya seperti biasa hingga proses installasi selesai. Pada langkah terakhir instalasi, biasanya aplikasi akan meminta restart ulang OS dan klik OK saja.

Setelah komputer di-restart, Anda belum bisa menjalankannya karena akan muncul pesan error seperti pada gambar yang dijelaskan sebelumnya. Untuk itu, kita harus membuka akses penuh pada aplikasi Delphi 7 yang telah kita install tadi. Berikut ini caranya.

- Buka direktori dimana folder instalasi Delphi 7 terpasang, yaitu di C:\Program Files.





- Kemudian cari folder Borland dan langsung di-klik kanan. Pilih Properties, pilih tab Security, dan klik button Edit.


- Maka akan muncul jendela Permission for Borland seperti pada gambar di bawah ini. Pilih User CREATOR OWNER dan centang semua pernyataan izin pada kolom Allow. klik button Apply. Jika telah selesai klik OK. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.





Hasilnya bisa kita lihat dengan cara membuka Start menu>All Programs>Borland Delphi7>Delphi7. Pesan error-pun sudah tidak dijumpai lagi, dan akan tampil interface Delphi sesuai yang diharapkan.

1 comment:

  1. Numpang ya, utk sesama penikmat programming...
    Minat gabung dengan tim G5?

    Tim G5 mengembangkan Computer Aided Software Engineering (CASE) untuk aplikasi di displin Enterprose Resource Planning dan Manajemen ShopFloor, sasarannya adalh pabrik2 besar dengan kebutuhan system berperforma tinggi dan luas. saat ini Engine CASE kami kembangkan di lingkungan Delphi (delphi 7 dan XE 10). Kami membutuhkan teman2 yg haus pada pengembangan software yang ekstrim untuk bergabung...

    hubungi saya di rudy.hermanto@g5solutions.id

    salam

    ReplyDelete